Internship (PT. Danone Indonesia)

Liburan semester genap selama 3 bulan yang awalnya gue anggap bakalan biasa biasa aja dan ngebosenin nyatanya malah terbaliknya. Liburan semester kemaren gue dapet kesempatan buat magang di PT. Danone Indonesia lebih tepatnya PT. Sarihusada Generasi Mahardhika yaitu salah satu anak perusahaan under Danone. Asal usul kenapa gue bisa diterima di perusahaan ini tuh kaya gini…..

Gue punya temen smk (Sundari) yang kerja di PT. Sarihusada Generasi Mahardhika, dia udah setahun setengahan kerja disini dan dibagian finance. Setiap liburan kuliah gue selalu ngehubungin dia buat nanyain ada lowongan magang di kantornya apa engga. Alhamdulillahnya baru liburan semester genap 2016 ini ada tawaran magang. Akhirnya dia ngehubungin gue dan nyuruh gue dateng ke kantornya di cyber 2 tower kuningan. Gue dateng bareng sama salah satu temen smk gue juga (Yusnia) buat dites langsung sama bapaknya karena dia lagi ngebutuhin dua orang anak magang.

Jum’at, 10 Juni 2016

Gue inget banget waktu itu Jumat 10 Juni 2016 satu persatu masuk ke ruangan buat dites. Namanya Pak Tasdik, beliau yang butuh bantuan anak magang karena ada suatu project sales yang nantinya kalo dikerjain sendiri bakalan keteteran. Kalo ditanya nervous apa engga ya gitu…luar biasa!! Karena ini pengalaman kedua gue buat ngalamin yang namanya di interview & di tes perusahaan buat magang. Saat itu gue ditanya tau gak rumus excel lookup dan cara gunainnya gimana. Dan sangat apesnya gue lupa wkwkwk. Mau gak mau gue harus jujur gue bilang aja “dulu saya pernah belajar pak pas diawal awal masuk kuliah tapi sekarang lupa pak gak pernah dipake soalnya”. Akhirnya pak Tasdik luluh dan langsung ngajarin gimana caranya. Dan untungnya baru diajarin sekali dan gue langsung bisa. Dites dan dikasih tau jobdesnya kaya apa hari itu juga. Total ya 30 menitan berada diruang tes itu. Sampai pada akhirnya tes selesai dan keputusan baru dikasih tau lewat temen gue…..

IMG_20160829_103147[1]

Senin, 13 Juni 2016

Senin pagi jam 07.30 gue udah sampe kantor untuk diinterview lagi dengan atasannya Pak Tasdik. Ada Mba Vina yaitu satu tingkat diatasnya Pak Tasdik dan Mba Nurul dimana beliau yang ngurusin outsourcingnya. Saat itu gue ditanya-tanya kegiatan sekarang ngapain aja terus ke kantor naik apa dll. Buat gue ini sih masih latihan interview karena mungkin mereka tau gue masih kuliah jadi masih ditanya yang ringan-ringan aja. Hari ini gue belum ttd kontrak dll karna katanya nasib gue dilempar ke agency, jadi okelah. Setelah itu gue diajak muter-muter sama Pak Tasdik buat kenalan sama MbaMba lainnya dan dikenalin sama Pak Satpamnya ya itu berhubung karna gue gak punya akses ID Card buat masuk jadinya mesti kenalan juga sama beberapa satpam biar dia ngenalin gue. Setelah kenalan dan tau meja kerja dimana, gue langsung balik dan gak sabar nunggu hari esok.

Selasa, 14 Juni 2016

07.25 udah sampe kantor ya berhubung gak ada akses masuk jadinya nunggu di lantai 12 receptionistnya DANONE. Jadi meja kerja gue itu ada di lantai 16 dimana itu lantainya departemen sales. Dapet meja deket direkturnya ELN Mr.Gustavo bikin ketar ketir juga si kalo lagi leha-leha kan gak enak keliatannya kalo lagi santai-santai. Setelah nunggu setengah jam-an akhirnya dijemput juga sama Pak Tasdik untuk ke lantai 16. Mulai kenalan sama Mba/Mas disana. Sambutan mereka luar biasa banget buat anak magang kaya gue dan sampai akhirnya gue tau disitu gue yang paling muda dan berusaha untuk sesopan mungkin sama Mba Masnya.

Gak butuh waktu banyak untuk gue beradaptasi. Seminggu berlalu disana gue sedikit mencoba untuk mencairkan suasana dengan ceplas ceplosnya mulut gue yang suka bilang bercandaan “anak alay”.

Posted in Cerita Gue | Leave a comment

Perbanas Social Media Day 2017

20170224_074623

Agak telat ngepost sih tapi gapapa lah yaaa yang penting sudah berkontribusi (sedikit) untuk memperkenalkan Perbanas Institute Jakarta ke dunia maya =D

#perbanasinstitute #perbanashits #perbanasguardian #socialmediaday2017

Twitter : @perbanas

Facebook : Perbanas Institute

Instagram : @perbanas.institute

Posted in Bangku kuliah | Tagged , , , | Leave a comment

Ujian CAP (Certified Accurate Proffessional)

20170224_074413

Adalah ujian praktik komputer akuntansi menggunakan software ACCURATE untuk tingkat mahir (advance) seperti accounting, supervisor, owner, mahasiswa, dosen dan guru.

Manfaat ujian sertifikasi CAP adalah:

  • Memastikan pemegang sertifikat memenuhi standart kualifikasi ACCURATE terutama untuk setup database dan input transaksi.
  • Memudahkan perusahaan  dalam mencari tenaga kerja yang siap pakai
  • Menjadi nilai tambah saat apply pekerjaan di perusahaan pengguna ACCURATE

 

sumber : https://ultimasolusindo.com/layanan/ujian-sertifikasi/

Posted in Bangku kuliah | Tagged , , , | Leave a comment

Asisten Dosen

abc

 

Awal mula tertarik buat jadi asdos lab itu karena gue seneng gunain berbagai macam software akuntansi. Kebetulan dari SMK gue udah belajar software MYOB V.18 dan Zahir Accounting. Lebih beruntung lagi di kampus yang dipakai software Accurate V.5. Pertama kali belajar Accurate itu disemester 2, kesempatannya cuma dapet 7 kali pertemuan karena ini masuk mata kuliah laboraturium pengantar akuntansi dimana materi sampai UTS itu di ruang kelas mengerjakan siklus akuntansi secara manual dan setelah UTS sampai UAS baru masuk ke laboraturium. Keterbatasan waktu belajar itu yang bikin gue semakin penasaran dan kepingin tau banyak lagi dari software Accurate. Akhirnya mulai belajar sendiri, baca buku dan latihan soal-soal. Sampai akhirnya memasuki semester 4 gue dapet mata kuliah laboraturium akuntansi keuangan menengah. Sempet tanya-tanya sama senior kira-kira apa yang dipelajarin dalam mata kuliah ini dan ternyata dapet kesempatan lagi buat belajar software Accurate yang tentunya lebih rumit lagi kasus-kasus yang diberikan.

Selama belajar lab akuntansi keuangan menengah gue sama sekali gak ngalamin kesulitan karna gue duduk paling depan tapi ada beberapa temen gue yang ngalamin kesulitan, mulai dari ketingglan langkah-langkahnya sampai hasil yang gak balance di akhir periode. Saat itu gue liat fungsi seorang asdos lab dibutuhkan buat ngebantu dosen untuk mencari permasalahan dan penyelesaiannya kaya gimana. Akhirnya gue ngucap dan janji sama diri gue sendiri kalo gue bakalan bisa jadi asdos lab dan ngebantu temen-temen yang ketinggalan.

Dan diawal tahun 2017 kemarin akhirnya perekrutan asdos lab pun dibuka. Karena ini kesempatan gue buat bisa ngewujudin janji diri gue yang pernah keucap itu. Pendaftaran dan pengumpulan berkas udah gue ikutin sampai akhirnya ada proses seleksi. Saat itu tahapannya adalah diwawancara terlebih dulu oleh panitia, selepas itu di tes satu-per satu masuk keruangan untuk di uji dengan pengujinya. Dosen pengujinya ada 2 yaitu Bapak Tumpal dan Bapak Fangky serta satu dosen koordinator asdos yaitu Bapak Taufik. Beruntung Alhamdulillahnya salah satu pengujinya adalah Bapak Tumpal dimana beliau adalah dosen gue saat mata kuliah lab pengantar akuntansi. Jadi ya gak bikin gue tegang-tegang banget lah karena seengganya beliau udah pernah ngeliat muka gue wkwkwk. Sebenernya waktu yang diberikan oleh panitia untuk penguji memberikan pertanyaan dan peserta untuk menjawab itu hanya 15 menit tapi karena Bapak Fangky dan Bapak Tumpal tau gue mau ikutan ujian sertifikasi CAP maka jadilah gue kena bulan-bulanan untuk ditanya lebih banyak oleh beliau tersebut.

Seminggu berlalu dari waktu pengujian, akhirnya pengumumannya diberitahukan. Kalo ditanya seneng banget apa engga ya pasti jawabannya seneng banget dan terlebih lagi gak cuma satu kelas yang gue pegang melainkan tiga kelas sekaligus. Merasa beruntung karena salah satu keinginan gue udah terwujud dan gak terlepas dari doa Ibu yang selalu ngedoain dan ngedukung anak bontotnya ini.

screenshot_2017-02-24-07-41-21

Posted in Bangku kuliah | Tagged , | Leave a comment

Euforia tanggal 25

25

 

Ada kejadian lucu dimana setiap tanggal 25 di kantor danone. Mungkin sebagian besar kantor lain pun juga mengalami hal yang sama. Gue selalu liat keadaan sekitar karena gue tipe orang yang lebih banyak ngamatin dan ngomentarin wkwkwk.

Setiap tanggal 25 yang terjadi antara lain :

  1. Kalimat “gajian udah ditransfer belom sih?” tiap jam bunyi udah kaya alarm.
  2. Kantin Danone yang lebih sepi dari tanggal-tanggal biasanya. Jadi satu satunya perusahaan yang punya kantin untuk karyawannya di gedung cyber 2 tower ini ya cuma danone. Berasa banget dah tiap tanggal tanggal muda lebih tepatnya tanggal 25 aja kantin seketika sepi. Biasanya antrian panjang sampe keluar-keluar.
  3. Ajakan-ajakan makan siang diluar membabi buta. “mba ambas yok” – “sumoboo enak nih siang-siang” – “kuncit sis” blablablabla……
  4. Membeludaknya antrian mesin-mesin atm. Tempat wudhu musholah sampe kalah ramenya.
  5. Cemilan enak di meja tak tertandingi nikmatnya. Bayangin aja martabak sekelas nutella ataupun mozzarella dijadiin cemilan siang siang. Tanggal tua mah boro boro ada wkwkwk
Posted in Cerita Gue | 1 Comment

Mana Kawan & Mana Lawan

Gue adalah salah satu orang yang udah paham bener dah pokonya mana yang bisa disebut kawan dan mana yang lawan. Lawan tuh masih sejenis manusia yang dulunya pernah jadi kawan kita. Disebut lawan mungkin karena mereka pernah “khilaf” dan sampe sekarang gak sadar pernah ngelakuin kesalahan dimasa lalu.Oke lanjut……wkwkwkwk #awasadayangkesindir #ehemanglaginyindirdeng #semogaajalubacaya #semogaluliatgueudahbahagiatanpaadanyaelu

 

Dipostingan kali ini gue mau kenalin kawan kawan gue dari masa smp sampe kuliah. Btw waktu sd gue maen sama semuanya jadi gak perlu gue angkat di sini ya wkwkwk

 

Kawan SMP

Keling, Yasa, Irma, Gue, Acrul

 

Foto diatas adalah kawan yang gue kenal dari masa smp. Kenapa gue bilang kawan karena dari awal dipertemukan, gue udah ngrasa klik banget sama mereka. Singkat cerita, awalnya dulu kita berse-puluh tapi karena hukum rimba yang menjadi pegangan kita bahwa yang kuat adalah yang berkuasa maka tinggalah kita hanya berlima saja wkwkwk. Mereka keluarga gue. Orang tua mereka juga orang tua gue. Berasa nyamannya kaya dirumah sendiri kalo lagi ada dirumah mereka. Untuk sifat dan perilakunya mereka nih ya ibarat kata kasarnya itu “tai-tainya mereka semua gue udah tau” wkwkwk

 

Gue, Itin, Iyus, Nanda

 

5+15+5+15 gak banyak yang tau apa arti dibalik angka itu. Dipertemukan karena punya ego yang sama sama tinggi, suka ngekepoin orang dan demen nonton standup comedy. Mereka kawan gue semasa smk. Ngelakuin banyak hal konyol sampe latihan gimana caranya mutusin urat malu itu ada di zaman-zamannya main sama mereka. Kata-kataan atau manggil nama orang tua mah udah biasa sama mereka. Dan kalo lagi maen sama mereka gue ngerasa terstandarisasi kejombloannya wkwkwk gimana mau punya pacar ya kalo muka pas pasan kaya yang diatas berharap punya pacar kaya aliando wkwk.

 

 

Fitri, Inge, Opi, Amel, Gue

 

Susah punya kawan main yang salah satunya ada yang paling cakep, ya ini yang gue rasain “LU KAGA PERNAH DILIRIK COWOK GANTENG”. Mereka kawan gue dimasa kuliah sekarang ini. Karena adanya tugas kelompok maka dipertemukanlah kita dalam satu panggung wkwk. Dalam kurun waktu dua tahun ini masih dalam tahap memahami satu sama lain. Dimulai dari baper, kepedean, belaga cantik sampe yang namanya mulut ngomong kotor cuma sama mereka. Terus diambil hati gak? Sama sekali engga!!!

 

Dari semasa gue sekolah sampe kuliah sekarang bukan berati temen gue cuma yang gue sebutin diatas doang. Gue tetep bersosialisasi, cipika cipiki sana sini sama yang lain, jungkir balik kenalan dengan cara yang gak tau diri dan tetep gue lakuin kok.

Selasa, 2 Februari 2016

Posted in Cerita Gue | Tagged , | 7 Comments

Kata Orang Dulu

Kartun Betawi

Gue terlahir dari kedua orang tua yang dua duanya asli orang betawi. Gue tumbuh dan berkembang bersamaan dengan adatnya orang betawi. Gak menutup kemungkinan gue juga jadi banyak tau apa aja yang “dikata” orang betawi pada jaman dulu. Selama hampir 20 tahun gue hidup di lingkungan orang betawi, pasti ada aja yang ngebuat gue bangga sama apa yang di- “kata orang dulu” meskipun kadang ada beberapa pemahaman yang sampe sekarang gue masih gak ngerti hubungannya apa sama kehidupan nyata.

 
Berhubung sekarang gue udah punya 3 keponakan dan baru aja pertengahan bulan ini kakak ipar gue selesai hamil dan ngelahirini, dipostingan kali ini gue bakalan bahas tentang apa yang di- “kata orang dulu” untuk orang hamil yang gue dapet dari mulut Ibu gue sendiri. Sebenernya gue juga gak tau pasti ini tuh emang orang betawi aja atau suku suku lain juga ada, intinya gue masih cari cari info apakah ini juga berlaku di suku suku lain di Indonesia.

 
Pertama : “kata orang dulu kalo lagi hamil jangan ngelipetin plastik, nanti bibir anaknya suing”. Kata-kata itu gue denger dari mulut Ibu gue pas ngeliat menantunya lagi ngelipetin plastik bekas belanjaan di supermarket. Agak mengganggu pendengaran gue sih, dimana hubungan antara plastik sama bibirnya -___- tapi yaudahlah mungkin ada benernya juga bagi yang masih memegang erat kepercayaan itu.

 
Kedua : “kata orang dulu kalo lagi hamil jangan suka ngelilitin handuk dileher pas mau mandi, nanti anaknya kelilit tali puser”. Lah ini mah kebiasaan gue wkwk eh tapi kan gue lagi kaga hamil bhakkk dan gue cuma bisa bilang yaudahlah mungkin ada benernya juga bagi yang masih memegang erat kepercayaan itu.

 
Ketiga : “kalo lagi hamil jangan suka makan telor muda yang suka ada di tukang bubur ayam tuh, tar anaknya lahir muda (premature)”. Dan seketika gue mikir duh ini apa lagi kok bisa ya dikait kaitin gini. Dan karena gue gak mau ngelawan Ibu gue buat nyangkal dan ngeyel akhirnya gue cuma bisa bilang yaudahlah mungkin ada benernya juga bagi yang masih memegang erat kepercayaan itu.

 
Keempat : “kalo lagi hamil jangan suka duduk atau mejeng didepan pintu, tar lama beranaknya”. Dan gue makin gak habis pikir…..mungkin kalian juga pernah denger ada yang bilang gini “perawan jangan duduk depan pintu, tar jodohnya jauh” dan sampe sekarang gue juga masih mikirin hubungannya keduanya tuh ada dimana. Sejauh ini gue cuma bisa bilang yaudahlah mungkin ada benernya juga bagi yang masih memegang erat kepercayaan itu.

 
Kelima : “kalo lagi hamil dan mendekati waktu ngelahirin banyakin makan telor ayam kampung mentah dan langsung ditelen, tar cepet deh lahirannya”. Gue ngebayangin amisnya bau telor aja udah kaya orang kejang-kejang. Ini lagi disuruh telen itu mentah-mentah wkwkwk. Dan gue cuma bisa bilang yaudahlah mungkin ada benernya juga bagi yang masih memegang erat kepercayaan itu.

 
Itulah beberapa “kata orang dulu” yang gue dapet dari Ibu gue sendiri. Kalo ada yang punya pendapat lain, silahkan bisa langsung di comment aja yaa… dan mohon maaf kalo misalnya ada salah salah kata, agak kaku nih soalnya baru mulai ngeblog lagi wkwkwk

sumber foto : https://www.google.com/search?q=betawi&client=firefox-a&rls=org.mozilla:en-US:official&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwiFuMfDktTKAhVFRI4KHWArB_4Q_AUIBygB&biw=1024&bih=471#tbm=isch&q=orang+betawi+animasi&imgrc=iMLHiVkzEfMGiM%3A

 

Minggu, 31 Januari 2016

Posted in Pengamatan | Tagged , | 2 Comments