Bukan lagi tentang kuantitas tapi kualitas

20171224_202948

Gak pernah kebayang sebenernya punya sahabat yang udah dianggap kaya keluarga sendiri. 8 tahun udah dilewatin bareng-bareng. Tiap kali ketemu pasti selalu ada drama ala ala ftv gitu. Emang sih salah satu faktor terbesarnya karna kita semua punya kesibukan masing masing. Gue bakal update dulu kondisi & keadaannya gimana sekarang.

Dimulai dari Keling, dari foto dia ada disisi paling kiri. Kalo gak salah September 2017 kemaren baru aja di wisuda. Dia yang paling pertama menyelesaikan tugas kuliahnya diantara kita semua. Alhamdulillahnya sekarang dia udah kerja di Trans TV (eh apa Trans Corp ya). Pokonya kalo ada yang nanya dia kerjanya ngapain pasti Keling ngejelasin dengan bahasa se-sederhana mungkin yang bikin kita pas tau pasti bilang “Ohhhhh ituuu kerjaan lu ling”.

Lanjut ke orang kedua yang pake baju warna putih itu namanya Irma dan di tahun 2018 ini cuma dia seorang yang punya panggilan “kakak ibu negara” wkwk. Mahasiswa tingkat akhir ini lagi sibuk sibuknya nyusun skripsi. Dan cuma dia doang yang kalo ketemu selalu bilang “tar kalo gue wisuda kalian gak dateng juga gapapa kok, kesian jauh”. Ini sih yang paling bikin gondok. Dari Jakarta ke Bandung emangnya butuh waktu berapa lama sih Irma. Dan satu hal yang paling ngeselin dari Irma kalo ngechat diline sering banget bikin kepo tapi ujung ujungnya gak danta. Intronya tuh kepanjangan sedangkan intinya cuma “keluhan” yeuuuuu.

Acrul, si sue yang di tengah ini emang paling paling deh ah. Emang cuma dia diantara kita yang paling ngeselin. Butuh waktu paling lama buat ngerti. Statusnya sama kaya gue dan Irma yang lagi nyusun skripsi. Tapi dia beda, dia calon ibu guru. Makin gak kebayang dah tuh nanti anak orang diajarin apa sama dia wkwk. Kalo lagi nyanyi, suaranya paling (gak) merdu deh pokonya.

Dan calon bapak dokter yang disamping gue ini udah paling juara kalo gocekin cewe wkwk. Jujur jadi kebanggan sendiri kalo tau seluk beluknya cara dia ngegocekin cewe yang berlalu lalang dan hempas pergi begitu saja wkwkwk. Mungkin Yasa yang kuliahnya paling lama diantara kita, karna dia pernah nyoba kuliah di Bandung selama setahun dan akhirnya balik lagi ke Jakarta karna dia dapet jurusan yang dia mau. Kedokteran pula. Tapi gapapa, gue tetep bangga kok wkwk.

Foto di atas adalah foto pertama kalinya bisa foto full team setelah sahabatan selama ini. Kesel sih karna sebenernya kita udah punya niat buat foto studio gitu tapi waktunya emang selalu aja gak pas -_- setiap kali ketemu kita selalu asik buat cerita tentang gimana kita sekarang, mulai dari kabar kuliah, kabar keluarga, kabar pacar, kabar gebetan, kabar mantan dan ngomongin temen temen semasa sekolah dulu sampe ada kegiatan baru kalo kita ketemu adalah konsultasi kesehatan sama Yasa wkwk mumpung gratis sih ini dan ngetes Yasa aja sejauh mana dia bisa kasih tau ke kita sebagai orang “awam” yang gak belajar apa yang dia pelajarin di kampusnya.

Makin kesini gue makin sadar kalo mereka yang gue punya saat ini adalah mereka yang ada saat keadaan gue kaya apapun.  Sadar betul kalo mereka sekarang punya kesibukan masing-masing, beda waktu dulu kalo mau ketemu aja gampang, sekarang susahnya minta ampun. Tapi seengganya lebih baik sekarang. Gue lebih bisa menghargai waktu berkumpul sama mereka. Sekalipun kalo kumpul, kita jalan buat cari makan atau makan nasi goreng tek tek yang lewat depan komplek rumah Yasa pun itu udah paling berharga banget.

 

Advertisements
Posted in Cerita Gue | 2 Comments

Ujian Kompetensi

IMG_20171215_192007_193

 

Jum’at, 15 Desember 2017

Hari dimana jantung berdetak lebih cepat dari biasanya. Yap, inilah saatnya gue untuk menghadapi ujian kompetensi (terkenalnya sih ujian kompre).

Tujuan ujian kompetensi ini adalah untuk menghasilkan sarjana ekonomi jurusan akuntansi yang memiliki kompetensi di bidang Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajemen dan Audit serta standar profesi yang memadai sehingga mampu berkarya baik di sektor swasta maupun sektor publik. Upaya untuk meraih kompetensi tersebut, salah satunya ditempuh dengan melaksanakan kegiatan “Reinforcement” Pengujian Kelulusan Program Studi Akuntansi Strata Satu Perbanas Institute Jakarta. (Sumber: Panduan Ujian Kompetensi Program Studi S-1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis)

Jadi salah satu syarat untuk mengikuti ujian kompetensi ini adalah jumlah sks yang udah diambil minimal 125 dengan beberapa nilai mata kuliah Pengantar Akuntansi 1, Auditing Internal, Analisa Laporan Keuangan dan Akuntansi Keuangan Lanjutan minimal mendapatkan nilai B. Berhubung jumlah sks gue udah 129 dan gak ada masalah sama nilai mata kuliah prasyarat itu akhirnya gue memutuskan untuk ikut ujian kompetensi gelombang kedua di bulan Desember (bulan November gelombang pertama).

Pas liat jadwal di bulan Desember nyatanya bikin otak gue ngebul cuy wkwk ternyata setiap minggunya ada aja. Dimulai dari minggu pertama tanggal 8-9 Desember gue ikut Ujian Sertifikasi Keahlian Akuntansi Dasar (USKAD) yang diselenggarakan oleh IAI. Minggu kedua yaitu 15 Desember ada jadwal gue ikut ujian kompetensi dan di minggu ketiga yaitu tanggal 18-22 Desember ada Ujian Akhir Semester (UAS). Berhubung materi untuk USKAD dan ujian kompetensi itu sama yaitu seputaran akuntansi dasar dan pengaplikasiannya ya jadi gue sekalian belajarnya.

Balik lagi ke cerita ujian kompetensi. Jadi persiapan gue itu sekitar 4 bulanan untuk belajar ini itu dan sebagainya. Selama 4 bulan itu gak selalu berjalan dengan mulus. Ada aja deh dimulai dari tugas kuliah yang tiap minggu kudu bikin makalah berlembar lembar dan presentasi kelompok di kelas. Senin sampai Jum’at tiap hari pulang malem terus, bukan karna gibah atau main main gak danta tapi ya emang keadaannya harus gitu. Rumah tuh udah kaya kos-kosan cuma buat dijadiin tempat istirahat doang dan paginya udah harus berangkat lagi ke kampus. Nah disini tinggal pinter-pinternya gue buat nyolong-nyolong waktu untuk sekedar baca-baca materi ujian kompetensi. Berat sih emang tapi ya mau gimana lagi, emang harus dihadapin.

Dari batas waktu terakhir pengumpulan berkas ujian kompetensi sampe hari dimana ujian itu dilaksanain gue punya waktu sekitar 3 mingguan. Ini waktu udah saatnya masuk masa tenang. Tapi jadi gak tenang pas tau H-7 jadwal belom keluar (dosen pengujinya). Tiap hari mondar mandir ruang tugas akhir untuk nanyain jadwal ujian kompetensi udah keluar atau belom dan sampai akhirnya H-2 jadwal baru keluar. Dannnn……..sripiwwww akhirnya gue dapet dosen penguji yang…………(itu tuuuuuh) wkwkwkwk

Pertama kali tau jadwal udah keluar dari Amel karna pas banget gue lagi kelas. Kata pertama yang keluar pas tau dapet dosen penguji sibapak X dan sibapak Y itu adalah “yaAllah, ini beneran?”. Dan saking gak percayanya sehabis kelas gue langsung ngibrit buat ngepastiin kalo emang bener pengujinya sibapak X itu. Dan ternyata bener aja tuh. Dan yang bikin dengkul makin berasa ambyar pas tau ternyata ujiannya diundur jadi hari Senin tanggal 18 jam 10. Masalah baru lagi muncul wkwk tanggal 18 dijam 10 itu ternyata ada 4 orang dikloter gue yang jadwalnya bentrok sama UAS. Puyeng kan tuh jadinya. Ngelobby dosen mata kuliah seharian gak ada respon sampe akhirnya H-1 ujian, salah satu dosen dari temen sekloter gue ada yang ngasih kabar kalo gak ngebolehin mahasiswanya ujian susulan dan makin rumit deh tuh urusan wkwkwk. Akhirnya dia disuruh menghadap ke bagian tugas akhir untuk minta saran bagaimana baiknya. Ya mau gak mau gue juga ikut dilibatkan lah ya karna ini kan kloter didalemnya ada gue juga. Singkat cerita akhirnya sibapak bagian tugas akhir bilang “Oke deal kalian tetep ujian di hari senin tgl 18 tapi jam 11 ya mulainya, jadi kalian yang bentrok sama jadwal UAS ya UAS aja dulu baru ujian kompetensi” serempak kita semua bilang disitu “Oke pak siyap!”

Karena gue rasa udah beres nih urusan, yaudah gue lumayan agak selaw kan tuh karna gue pikir masih ada Jumat Sabtu Minggu buat ngereview lagi, akhirnya gue memutuskan untuk okedeh gue ke perpus aja dulu sambil nunggu kelas selanjutnya setengah 2 nanti. Sekitaran jam 12 kurang 15 ada yang telpon tapi gak keangkat karna lagi gue cas nih hp. Diliat liat dari nomornya tuh hampir sama kaya nomor telpon salah satu KAP tempat dimana gue sempet ikutan test disitu. Gue kira kalo dia butuh ya pasti bakalan telpon lagi dong yaaa. Tapi seketika gue baru engeh, “kok kayanya ada yang beda ya sama nomor telponnya” dan yaudah karna tingkat kekepoan gue makin tinggi akhirnya gue coba untuk copas nomor itu ke google dan ternyata itu nomor kampus perbanas wkwkwk yaudah tuh akhirnya gue beranggapan “ah palingan mau konfirmasi lagi nih ujiannya tetep dihari senin tapi mulainya jam 11”. Pas banget udah waktu zuhur dan mau sholat di musholah. Gak tau kenapa bawaannya pengen banget lewat subag tugas akhir dan ternyata eh ternyata bener aja tuh seketika gue siyok pas tau ternyata jadwal ujian diubah lagi tuh yaAllah rasanya……….

DUAARRRRRR!!!!! Panik banget iya wkwk karna diubahnya jadi besok yaitu jumat 15 Desember jam 13.00 dan ini jadwal baru dapet kepastiannya H-1. Panik sepanik paniknya panik sampe mau ngeline temen sekloter aja gemeteran wkwk. Antara sedih sama senengnya tuh balance udah kaya neraca wkwk. Dan ternyata gak cuma gue yang ngerasain ini, yang lain pun juga ngerasain.

Sekitaran jam setengah duaan akhirnya gue ditelpon lagi sama Mba Tania bagian tugas akhir, dia ngasih tau kalo ternyata jadwal ujian kompetensi gue diubah lagi jadi besok. Disitu sih gue pas terima telpon udah biasa aja nanggepinnya gak sesiyok yang tadi wkwkwk cuma satu pertanyaan gue ke Mba Tania saat itu “Mba, dosen pengujinya tetep?” dan Mba Tania pun ngejawab dengan bangganya “Iya, tetep kok gak berubah” Hmmmmmmmm oke Mba Thankss –_______–

Dan hari jadinya pun tiba. Waktu udah menunjukkan pukul 13.15. Udah berasa ada yang aneh nih kok udah jam segini belom dimulai juga. Ternyata usut punya usut sibapak X ini memang terkenal kurang bersahabat dengan waktu. Okelah. Sampe akhirnya rasa degdegser makin berasa itu pas pukul 13.40 ketika Mba Tania jalan didepan kita sambil telponan dengan sibapak X dan ngasih tau kalo sibapak Y digantikan oleh sibapak Z. Olalalalalalalalaaaaaaaa seketika kita semua saling bertatapan satu sama lain. Dan…………yang panik yang panik wkwk langsung cepet cepet buka catetan khusus dari sibapak Z ini karna beliau punya cara dan pertanyaan sendiri yang kadang suka ngalor ngidul gitu. Dan jadwal ujian kompetensi itupun mulai berlangsung pukul 14.00.

Singkat cerita akhirnya gue masuk urutan ke 4 sesuai daftar yang tertera. Khusus dibagian ini gue gak ceritain disini ya pertanyaan yang ditanyain dosen penguji wkwk sampe akhirnya keluar ruangan, gue gak bisa nahan bendungan air mata penyesalan ini karena ada pertanyaan yang gak bisa gue jawab. Butuh sekitar 10 menitan buat ngucek ngucek mata, ngelap ingus dan bikin mood jadi bagus lagi.

Dan akhirnya waktu pengumuman itu tiba kita semua disuruh masuk dan berdiri sesuai urutan. Seperti biasa sibapak X dan sibapak Z ini memberikan petuahnya terlebih dahulu. Pas akhirnya sibapak dua ini bilang kalo ada yang gak lulus tuh AMBYARRRR makin berasa dengkul kaya udah gak bisa nahan beban ini. Gue rasa kayanya gue yang gak lulus. Tapi eh tapi ternyata pas nama gue disebut akhirnya lulus juga…..Alhamdu….lillah….yaAllah SAAT ITU JUGA BERASA PLONGNYA CUUY………

Gue mau sedikit kasih tips sih ini yang gue lakuin dan gak bermaksud menggurui tapi kalo mau dibaca dan diterapin juga boleh…..

  1. Lu tuh harus tau diri lu sendiri, kemampuan lu segimana ya itu lu yang tau. Ini juga bisa jadi patokan lu buat belajar sendiri atau butuh bantuan orang lain buat belajar.
  2. Doa dan Ibadah. Ini yang kadang banyak yang suka salah, termasuk juga gue. Kalo lagi ada maunya pasti deh deket banget sama pencipta-Nya tapi pas udah didapet yaudah gitu aja, kadang juga sampe lupa bersyukur. Jangan lupa buat minta doa sama orang tua!
  3. Gak usah malu buat nanya-nanya sama orang yang pinter, sekalipun dia junior kita.
  4. Lakuin tanya jawab soal soal latihan sesering mungkin.
  5. Coba ngomong didepan kaca dengan bahasa indonesia yang baik dan benar.
  6. Dan yang terakhir serahin semuanya sama sang pencipta. Kadang apa yang udah kita rencanakan gak sesuai sama keinginan, tapi kita gak tau kan dan mungkin itu yang terbaik buat kita dari sang pencipta.

IMG_20171215_192007_195

Posted in Bangku kuliah | Tagged , , , , | Leave a comment

Ingat duit, Ingat MNC DUIT

1495190427219

Jum’at 19 Mei 2017 lalu beberapa mahasiswa dari Perbanas dapat kesempatan untuk menghadiri acara Sosial Edukasi tentang Reksadana Online yang diadakan oleh MNC Aset Management di Auditorium Bursa Efek Indonesia, Jakarta. Salah satu tujuannya diadakan acara ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan tentang pasar modal (reksadana) di kalangan akademisi.

Slogan ‘Ingat Duit, Ingat MNC DUIT’ digaungkan oleh MNC Asset Management (MNCAM) saat meluncurkan aplikasi reksa dana online bernama MNC DUIT. Direktur Utama MNCAM Frery Kojongian mengatakan, MNC DUIT memberi segala kemudahan dalam berinvestasi sehingga investor tak lagi perlu repot mengurus dokumen.

“MNC DUIT ini menjadi solusi untuk keinginan masyarakat, teman-teman mahasiswa untuk berinvestasi di reksa dana MNC Asset Management, karena semuanya serba online dapat akses di mana saja, kapan saja, dan mudah-mudahan informasi ini bisa dibagi ke keluarga, teman. Sehingga, masyarakat lndonesia bisa melek investasi sejak dini. ” ujarnya di Jakarta, Jumat (19/5/2017).

Merujuk dari data lnfovesta Utama, secara year to date (ytd) hingga April 2017, total dana kelolaan Manajer Investasi telah mencapai Rp360,90 triliun. MNC Asset Management di tahun ini optimistis mampu meningkatkan market share dengan 5.000 Customer Information System (CIF) melalui Reksa Dana Online MNC Duit.

Sumber :

https://ekbis.sindonews.com/read/1206465/32/mnc-asset-management-ingat-duit-ingat-mnc-duit-1495183422

https://ekbis.sindonews.com/read/1206451/32/mnc-asset-management-perkenalkan-mnc-duit-ke-mahasiswa-1495180614

 

Posted in Bangku kuliah | Tagged , , , | Leave a comment

Customer Service

 

Menyandang status jadi asdos nyatanya mesti siap kapan pun dan dimanapun kalo ditanya. Paket data harus selalu on dan batre pun mesti harus full. Ini yang gue rasain selama jadi asdos. Beberapa dari mereka emang ada yang secara langsung minta contact gue buat nanya dan selebihnya entah dapet dari mana.

Gue gak pernah ngerasa risih ataupun keganggu karena ya emang udah kewajiban gue cuma ya kadang suka waktunya aja gak tepat kalo nanya wkwk. Mungkin ini yang dirasain mba/mas customer service kali ya mesti siap apapun kondisinya.

 

Posted in Bangku kuliah | Leave a comment

Kelas “Jawab dek” Rabu

20170601_100130

Selamat datang di kelas yang paling banyak bikin gue sensi wkwk. Mungkin kalo mau tau sifat asli gue ngehadapin anak anak yang wataknya beda beda di kelas ini paling keliatan. Mulai dari cara gue yang ngejawab pertanyaan mereka dari suara yang super pelan dan sampe akhirnya pake nada tinggi pun pernah. Kelas paling songong ya ini wkwkwk, Gue lagi serius di bercandain, gue lagi bercanda malah diterusin.

20170601_100205

Sekedar informasi aja kalo dikelas ini keliatan banget  gue pilih kasih sama anak belakang. Bukan berarti anak anak depan gak gue perhatiin tapi ya gitu emang kaya dipostingan gue yang sebelumnya aja, anak belakang itu serba kekurangan jadi ya gak ada salahnya juga gue kasih perhatian lebih ke anak belakang. Dan ternyata ini gak cuma jadi permasalahan yang serius dikelas gue, dikelas asdos yang lainnya juga wkwkwk.

20170601_100146

Dikelas ini kelakuan anak anaknnya luar biasa bikin gue sering narik napas dalem dalem *berlebihan*. Bayangin aja, lagi belajar pun mereka sempet sempetan buka youtube, ngegame, sampe nyanyi nyanyi pake headset seakan dunia hanya miliknya wkwk. Kelakuan lainnya yaitu kalo manggil minta bantuan, kadang manggil gue pake siulan bibir dan anehnya gue peka aja lagi itu siulan buat gue wkwk. Dan kelakuan yang bikin gue naik darah itu ketika ada satu anak yang kondisinya lagi galau parah hari itu gara gara cewe dan dia gak mau ngapa ngapain. Elu ngapain masuk kalo gak mau ngapa ngapain brader??? Wkwkwk sebenernya gue bisa aja bodo amat tapi ulahnya ini anak malah gangguin temen disampingnya. Heran.

20170601_100155

Dan di kelas ini gue punya kembaran wkwk engga sih. Jadi ada yang bilang gue mirip sama salah satu anak di kelas ini. Secara tampilan gue akuin iya, mulai dari pake kerudung, kacamata sama demen banget pake sneakers. Ini udah gue banget. Tapi banyak yang bilang juga dari muka iya. Ya harap maklum lah muka pasaran ya emang gitu wkwk.

 

 

 

Posted in Bangku kuliah | 2 Comments

Kelas “Receh” Selasa

20170601_095742

 

Alesan gue bilang kelas selasa itu kelas receh karna emang beberapa anaknya beneran receh wkwkwk. Dikelas gue yang ini mereka itu angkatan 2016. Tapi mereka lebih subur dari gue. Badan mereka besar-besar dan malah jadi mereka yang keliatan asdosnya wkwk. Dikelas ini juga gue ngeasdosin mereka gak sebanyak gue ngeasdosin kaya kelas lainnya. Gue cuma kebagian dapet lima kali pertemuan sama mereka, ya karna memang sistemnya gitu. Dari singkatnya lima kali pertemuan aja kesan dan pesan yang gue dapet bisa sereceh ini apalagi kalo lima belas kali pertemuan wkwkwk

20170601_095640

20170601_095709

 

Posted in Bangku kuliah | Leave a comment

Kelas “Jangan dipaksain” Senin

20170601_095055

 

Kata kata “jangan dipaksain” menjadi viral di kelas ini sejak kejadian kala itu wkwk. Gak perlu diceritain detailnya kaya apa tapi kata-kata “jangan dipaksain” ini keluar dari mulut dosennya yang ngebuat satu kelas ketawa karena ulah bapak dosen yang satu ini.

 

20170601_095223

Mahasiswa kelas senin itu angkatan 2015 dimana pada postingan sebelumnya gue bilang bahwa anak anak angkatan 2015 itu bangor-bangor. Susah dibilanginnya. Batu bat asli dah. Karena ini kelas pertama gue di hari senin, pas gue nyebarin kuesioner itu gue dapet pesan yang teramat sangat ngena buat gue. Yak kata-kata “jangan ngurusin yang dibelakang terus” jadi sindiran keras buat gue. Gue udah sadar dari lama padahal tentang perhatian gue yang terfokus sama anak belakang. Kenapa? Karena anak belakang biasanya sering ketinggalan, suka gak kedengeran kalo dosennya ngejelasin ya pokoknya serba kurang dah. Btw makasih buat yang udah nulis ini, jadi evaluasi buat gue untuk kedepannya mungkin gue bisa lebih bagi bagi perhatiannya lagi untuk anak depan wkwkwk

Dan foto yang terakhir ini gue tau banget orangnya wkwkwk karena cuma dia satu satunya anak yang gue kasih tau kalo kelas lab itu jangan sampe telat karena kalo udah telat ya kelar udah susah buat ngejarnya.

20170601_095005

Posted in Bangku kuliah | Leave a comment